banner image

IBADAT PENUTUP - COMPLETORIUM (Selasa)

PEMBUKAAN
P:(+) Ya, Allah, bersegeralah menolong aku.
U: Tuhan, perhatikanlah hambaMu.


Kemuliaan kepada Bapa
dan Putera dan Roh Kudus
Seperti pada permulaan, sekarang, selalu
dan sepanjang segala abad. Amin. 

DOA TOBAT
CARA A :
U: Saya mengaku kepada Allah yang Mahakuasa dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada saudara sekalian, supaya mendoakan saya kepada Allah, Tuhan kita.

CARA B :
P: Kasihanilah kami, ya Tuhan.
U: Sebab kami orang yang berdosa.
P: Tunjukkanlah belas kasihan kepada kami, ya Tuhan.
U: Dan anugerahkanlah keselamatan kepada kami.

CARA C :
P: Tuhan Yesus Kristus, Engkau diutus menyembuhkan orang yang remuk redam :
Tuhan, kasihanilah kami.
U: Tuhan, kasihanilah kami.
P: Engkau datang memanggil orang yang berdosa :
Tuhan, kasihanilah kami.
U: Tuhan, kasihanilah kami.
P: Engkau duduk di sisi Bapa sebagai pengantara kami :
Tuhan, kasihanilah kami.
U: Tuhan, kasihanilah kami.

ABSOLUSI
P: Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal.
U: Amin.

MADAH
Jatuh sudah malam hari
Smoga kami Kau lindungi
Ya Bapa Mahakuasa
Supaya aman sentausa.

Jauhkan impian suram
Singkirkan khayalan malam
Kurniakan istirahat
Agar sehat walafiat.

Kabulkanlah doa kami
Ya Allah Bapa surgawi
Bersama Putra dan RohMu
Sekarang serta selalu. Amin.

PENDARASAN MAZMUR
Ant.
Janganlah wajahMu Kau palingkan daripadaku, sebab kepadaMu aku percaya.

Mazmur 142 (143), 1-11
Ya Tuhan, dengarkanlah doaku,*
perhatikanlah permohonanku.
Demi kesetiaanMu jawablah aku,*
kabulkanlah doaku demi keadilanMu.
Janganlah mengajukan daku ke pengadilanMu,*
karena tak seorangpun dapat dibenarkan di hadapanMu.

Sebab musuh mengejar aku*
dan mencampakkan nyawaku ke alam maut.
Ia menjebloskan daku ke dalam kegelapan,*
tiada bedanya aku dengan orang mati.
Semangatku lemah lesu dalam batinku,*
hatiku membeku dalam diriku.
Maka teringatlah aku akan masa lampau,(+)
aku mengenangkan segala karyaMu*
dan merenungkan perbuatan tanganMu.
Aku menadahkan tanganku kepadaMu,*
aku haus akan Dikau bagaikan tanah yang tandus.

Ya Tuhan, datanglah segera dan jawablah aku,*
sebab habislah semangatku, ya Allah.
Janganlah wajahMu Kau palingkan dari padaku,*
jangan sampai aku turun ke liang kubur.
Semoga aku mengalami kasih setiaMu di waktu fajar,*
sebab kepadaMu aku percaya.
Tunjukkanlah jalan yang harus ku tempuh,*
sebab kepadaMu kuarahkan hatiku.

Bebaskanlah aku dari musuh, ya Tuhan,*
sebab padaMu aku berteduh.
Ajarlah aku melaksanakan kehendakMu,*
sebab Engkaulah Allahku.
Semoga kebaikan hatiMu menuntun daku*
di jalan yang rata.
Demi namaMu, ya Tuhan, hidupkanlah aku,*
demi keadilanMu bebaskanlah aku dari musuh.

Kemuliaan kepada Bapa*
dan Putera dan Roh Kudus
Seperti pada permulaan, sekarang, selalu,*
dan sepanjang segala abad. Amin.

Ant.
Janganlah wajahMu Kau palingkan daripadaku, sebab kepadaMu aku percaya.
----------
BACAAN SINGKAT (1 Ptr 5: 8-9)
Waspadalah dan berjagalah! Sebab setan, musuhmu berkeliling seperti singa yang mengaum-ngaum mencari mangsanya. Lawanlah dia, teguh dalam iman.

LAGU SINGKAT
S : Ke dalam tanganMu kuserahkan diriku,*
Ya Tuhan penyelamatku.
U: Ke dalam tanganMu kuserahkan diriku,*
Ya Tuhan penyelamatku.
S : Engkaulah penebusku, ya Allah yang benar.
U: Ya, Tuhan penyelamatku.
S : Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
U: Ke dalam tanganMu kuserahkan diriku,*
Ya Tuhan penyelamatku.

KIDUNG SIMEON ( Luk 2:29-32)
Antifon :
(+) Berkatilah kami, ya Tuhan, bila kami berjaga, lindungilah kami bila kami tidur. Semoga kami berjaga bersama Kristus dan beristirahat dalam damai.

Sekarang, Tuhan, perkenankanlah hambaMu berpulang*
dalam damai sejahtera, menurut sabdaMu.
Sebab aku telah melihat keselamatanMu*
yang Kau sediakan di hadapan segala bangsa.
Cahaya untuk menerangi para bangsa*
dan kemuliaan bagi umatMu Israel.

Kemuliaan kepada Bapa*
dan Putera dan Roh Kudus
Seperti pada permulaan, sekarang, selalu*
dan sepanjang segala abad. Amin.

Antifon :
Berkatilah kami, ya Tuhan, bila kami berjaga, lindungilah kami bila kami tidur. Semoga kami berjaga bersama Kristus dan beristirahat dalam damai.

DOA PENUTUP
Tuhan yang Mahamurah, terangilah malam ini dengan rahmatMu. Semoga kami tidur dengan aman sentausa dan bangun dengan semangat segar untuk menyambut fajar dan hari baru. Demi Kristus pengantara kami.

PENUTUP
P : (+)Semoga Allah yang Mahakuasa menganugerahkan istirahat dalam naungan belaskasihanNya.
U : Amin.

Antifon- antifon Penutup
Salam Maria, penuh rahmat,
Tuhan sertamu.
Terpujilah engkau diantara wanita.
dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus.
Santa Maria, bunda Allah,
doakanlah kami yang berdosa ini,
sekarang dan waktu kami mati

atau

Salam ya ratu, bunda yang berbelaskasih,
hidup, hiburan, dan harapan kami.
Kami semua memanjatkan permohonan,
kami amat susah, mengeluh, mengesah,
dalam lembah duka ini.
Ya ibunda, ya pelindung kami,
limpahkanlah kasih sayangmu yang besar kepada kami.
Dan Yesus, putramu yang terpuji itu,
smoga kau tunjukkan kepada kami.
O ratu, o ibu, o Maria, bunda Kristus.
IBADAT PENUTUP - COMPLETORIUM (Selasa) IBADAT PENUTUP - COMPLETORIUM (Selasa) Reviewed by Afrianto Budi on Selasa, Juni 19, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.