banner image

CHING MEMBUAT SEBUAH BINGKAI LONCENG

Seorang pengukir bernama Ching menyelesaikan pekerjaan pada sebuah bingkai loncenqg. Setiap orang melihat mengaguminya, karena rupanya itu seperti karya roh halus. Ketika Pangeran di Lu melihat itu, ia bertanya: "engkau itu genius macam apa, engkau dapat membuat barang seperti itu?"

Pengukir menjawab: "Duli tuanku, aku ini hanya seorang pekerja biasa. Saya bukan genius. Tetapi ada sesuatu. Kalau aku membuat bingkai lonceng, aku bermeditasi selama tiga hari untuk menenangkan pikiranku. Kalau sudah meditasi tiga hari, aku tidak lagi berpikir tentang pahala atau upah. Kalau aku bermeditasi lima hari, aku tidak lagi memikirkan pujian atau celaan, keterampilan atau kelambanan. Kalau aku bermeditasi tujuh hari aku tiba-tiba lupa anggota lain tubuhku; ya, aku lupa diriku sendiri. Aku tidak sadar lagi akan istana dan alam sekitarnya. Hanya pribadiku saja tetap tinggal. Dalam keadaan itu aku masuk hutan, dan memeriksa setiap pohon, sampai aku temukan satu, di mana kulihat bingkai lonceng sempurna. Lalu tanganku mengerjakan tugas. Setelah menyisihkan diriku, kodrat bertemu kodrat dalam karya yang dilakukan melalui aku. Inilah kiranya yang menyebabkan setiap orang berkata, bahwa hasil yang terselesaikan itu karya para roh halus."

Kata seorang pemain biola terkenal tentang suksesnya dalam memainkan Violin Concerto karya Beethoven. "Aku punya musik hebat, biola hebat, dan alat gesek hebat. Apa yang kuperlukan hanya mempertemukan mereka itu dan aku sendiri menyingkir."

(DOA SANG KATAK 1, Anthony de Mello SJ, Penerbit Kanisius, Cetakan 12, 1996)
CHING MEMBUAT SEBUAH BINGKAI LONCENG CHING MEMBUAT SEBUAH BINGKAI LONCENG Reviewed by Afrianto Budi on Jumat, September 09, 2011 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.