banner image

ENGKAU ITU SIAPA?


 
Wanita  dalam  sakratulmaut menghadapi ajalnya. Ia tiba-tiba
merasa, bahwa ia dibawa ke surga dan berdiri di muka  Takhta
Pengadilan.
 
"Siapa  engkau  itu?"  kata  suara kepadanya. "Aku ini istri
lurah," jawabnya. "Aku tidak bertanya kepadamu, engkau istri
siapa,  tetapi  engkau  itu siapa?" "Aku ini ibu empat orang
anak." "Aku tidak  bertanya,  engkau  ibunya  siapa,  tetapi
siapa  engkau  itu?"  "Aku  ini guru di sekolah." "Aku tidak
menanyakan pekerjaanmu, tetapi siapa engkau itu."
 
Dan demikianlah seterusnya. Tidak peduli  apa  yang  menjadi
jawabannya,   rupanya   itu  bukan  jawaban  yang  memuaskan
terhadap pertanyaan: "Engkau itu siapa?"
 
"Aku ini seorang Kristen." "Aku  tidak  menanyakan  agamamu,
tetapi engkau itu siapa." "Aku ini seseorang, yang tiap hari
pergi ke gereja dan selalu membantu orang miskin  dan  orang
dalam  kesulitan." "Aku tidak menanyakan perbuatanmu, tetapi
siapa engkau itu."
 
Ia jelas gagal dalam  ujian,  oleh  karena  itu  ia  dikirim
kembali ke  dunia.    Ketika sembuh dari sakitnya ia berniat
menemukan siapa  dia.  Dan  itulah  yang  membuat  segalanya
berbeda sama sekali.
 
Tugasmu itu  berada.    Tidak  menjadi  seseorang atau bukan
apa-apa - sebab disitu ada keserakahan dan  ambisi  -  tidak
menjadi  ini  dan itu; - dengan demikian menjadi bersyarat -
tetapi hanya ada saja.
 
                   (DOA  SANG  KATAK 1, Anthony de Mello SJ,
                        Penerbit Kanisius, Cetakan 12, 1996)
ENGKAU ITU SIAPA? ENGKAU ITU SIAPA? Reviewed by Afrianto Budi on Jumat, September 09, 2011 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.