banner image

AIDS Bukan Kendala Berprestasi

Oleh : Agus Surono
Friday, 04 May 2012 - 04:55 am 
 
Siapa Keith Haring? Mungkin itu yang ada di benak kita saat melihat tampilan Google Doodle hari ini, 4 Mei 2012. Dalam keterangannya, Google menyatakan bahwa Google Doddle merayakan ulang tahun Keith Haring ke-54. Logo Google yang muncul serentak pada Google Australia, Indonesia, Selandia baru, Malaysia, dll. berganti dengan gambar dari karya seni Keith Haring dengan tampilannya yang sangat khas, yakni warna-warna cerah.

Keith Haring merupakan seniman Amerika Serikat dan seorang aktivis sosial. Ia lahir tahun 1958 di Reading, Pennsylvania. Pada tahun 1978, di usianya ke-19, dia pindah ke New York City, tempat ia terinspirasi oleh seni grafiti. Sayangnya, tahun 1988 dia didiagnosis menderita penyakit AIDS. Lalu Haring mendirikan Keith Haring Foundation di tahun 1989 untuk membantu para penderita AIDS dan untuk amal anak-anak. Keith Haring meninggal di Manhattan pada usianya yang ke-31 karena penyakit AIDS yang dideritanya pada 16 Februari 1990.

Berkat bakat seni grafitinya, Haring menjadi salah satu seniman muda yang terkenal pada tahun 1980-an. Ia membuat sebuah perbedaan sejak awal munculnya gaya ilustrasi yang sekarang menjadi dikenal di seluruh dunia. Karya-karyanya banyak dipajang di galeri dan museum di seluruh dunia. Dia juga seorang aktivis bidang politik dan sosial, khususnya yang berkaitan dengan AIDS.

Karya seni Haring yang terkenal adalah gambar "Radiant Child", bayi merangkak yang dikelilingi oleh sinar cahaya, dan "Barking Dog" makhluk seperti buaya yang seolah-olah tampak muncul dari sebuah hieroglif Aztec.

Semoga kehidupan Haring memberi inspirasi kepada kita, bahwa meski menderita penyakit mematikan masih bisa berkarya bagi sesama. (indowebsia)

sumber: Intisari-Online.com
AIDS Bukan Kendala Berprestasi AIDS Bukan Kendala Berprestasi Reviewed by Afrianto Budi on Jumat, Mei 04, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.