banner image

Perasuransian siap penuhi modal minimal

Rabu, 18 Juli 2012 | 12:10 WIB
Oleh: Feri Kristianto, Adi Wikanto


Naga-naganya, jumlah perusahaan asuransi tidak akan menyusut akibat ketentuan modal minimal Rp 75 miliar pada tahun ini. Biro Perasuransian Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) sudah mendapatkan komitmen dari direksi perasuransian bahwa mereka akan memenuhi aturan kecukupan modal minimal.
Isa Rachmatarwata, Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK, menegaskan telah bertemu dengan direksi dan komisaris seluruh perusahaan yang modalnya kurang dari Rp 70 miliar (perusahaan asuransi konvensional) dan Rp 95 miliar (perusahaan asuransi dengan unit syariah). Sebanyak enam perusahaan dari asuransi jiwa dan 25 asuransi umum.
Sayang, regulator merahasiakan daftar perusahaan itu demi keamanan sistem keuangan. "Kami sudah bertemu dan bahkan ada yang bilang sebelum September sudah tambah modal," ujar Isa, pekan lalu.
Tak jelas, bagaimana rencana perasuransian memenuhi modal minimal. Opsinya, pemilik perusahaan menyuntikkan modal tambahan, merger, atau mencari investor baru. Regulator membebaskan perasuransian memilih cara yang tepat dan manajemen harus sudah menentukan strategi itu paling lambat akhir September.
Kemudian, bila pemegang saham memilih menambah modal, harus terlaksana maksimal akhir Desember 2012. Sementara, bila ingin merger, mendapat kelonggaran hingga Maret 2013. "Kami tidak ingin perusahaan hanya mengandalkan tambahan modal dari laba usaha," ujarnya.
Salah satu perusahaan yang menyatakan kesiapan adalah Asuransi Staco Mandiri. Staco Mandiri tercatat memiliki modal Rp 72 miliar per akhir tahun 2011. Perusahaan ini membutuhkan dana sekitar Rp 20 miliar lagi karena memiliki unit usaha syariah.
Ruhari, Direktur Utama Staco Mandiri, mengatakan sudah ada beberapa calon investor yang berminat menambah modal. Sayang Ruhari merahasiakannya. "Dalam waktu dekat kalau sudah deal akan kami sampaikan," elaknya. Jadi, investor itu segera menambah modal perusahaan agar semakin sehat.

Sumber: Kontan.com
Aan Anak Bangsa
Perasuransian siap penuhi modal minimal Perasuransian siap penuhi modal minimal Reviewed by Afrianto Budi on Jumat, Juli 20, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.