banner image

Refleksi Mengenai Nilai dan Pengetahuan

Kuliah di S2 bagiku karunia yang besar. Nggak semua orang bisa mendapatkan kesempatan itu. Aku telah mendapatkannya. Memang, sejak dulu, nilai A harus jadi targetku. Aku harus dapat A, tetapi kadangkala kenyataan tidak berpihak padaku. Senin kemarin aku sudah berusaha mengerjakan semua soal dengan baik. Soal hitungan  kukerjakan pertama kali dengan penuh semangat, hingga akhirnya ketika aku membuat kesimpulan, aku ragu dan ternyata kesimpulanku salah. Segitukah kesalahanku sangat fatal? Semua itu udah beres, tapi kenapa kesimpulannya parah? Arghhh, aku kesal semalaman.

Kini, aku mulai sadar bahwa nilai bukan segala-galanya. B itu memang sudah cukup.  Bagiku, yang penting aku belajar, aku memahami banyak hal, dan aku yakin, apa yang aku ketahui lebih bermakna daripada nilai rapotku. Buku mahal yang kudapat dari kampus itu sangat mahal, so, harus kubaca dan kupelajari bener-bener. Bagiku, belajar lebih berarti daripada mencari cara agar aku mendapat nilai terbaik di kelas.
Besok ujian terakhirku di semester ini. Aku berharap bahwa aku bisa belajar dengan baik, menangkap semua isi bukunya, dan mengerjakan soal dengan baik. Aku percaya apa yang kulakukan berguna buatku, tak peduli kalau besok aku sial dan tidak beruntung untuk mengerjakan soal dengan sempurna. Tuhan memberkati segala usaha dan kerja keras anak-anak-Nya.
Refleksi Mengenai Nilai dan Pengetahuan Refleksi Mengenai Nilai dan Pengetahuan Reviewed by Afrianto Budi on Kamis, Agustus 18, 2011 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.