banner image

Kiat Kenyang Di Malam Hari


 


 Banyak hal yang bisa merusak diet kita, salah satunya adalah makan di malam hari. Cara termudah untuk memangkas lemak tubuh adalah membatasi asupan makanan pada malam hari. Seperti kutipan nutritionists, disarankan agar menghindari makan berat pada pukul 18.00 atau setelah maksimal tiga jam sebelum tidur yang dapat mempercepat pembakaran lemak.
Namun, bagi sebagian orang menghindari makan malam merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Apalagi bila terlalu sibuk hingga melewatkan makan siang. Makan malam bisa jadi ajang balas dendam dan makan berlebihan.
Ada cara sederhana dan berguna untuk mengelabui nafsu makan pada malam hari atau saat cuaca dingin dengan nafsu makan yang besar.
  • Makan sup dengan kaldu. Makanlah sup di malam hari, termasuk sup dengan kaldu. Makanan ini akan cepat mengisi perut kita dan mencegah makan berlebihan. Kaldu dalam sup menunda timbulnya rasa lapar untuk waktu yang lama. Tapi, jangan masukkan bumbu pedas dalam sup, karena malahan memicu meningkatnya nafsu makan.
  • Makan makanan ringan seperti buah-buahan. Konsumsi yoghurt atau apel. Ketika makan apel, makanlah sekalian bijinya. Biji apel mengandung yodium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Yodium digunakan untuk mengurangi keinginan makan.
  • Minum sebelum tidur. Segelas air hangat dengan sepotong lemon atau jus tomat akan memuaskan rasa lapar untuk beberapa jam.
  • Kolak dari buah ara atau plum. Kolak dari buah ara dan plum bermanfaat bagi kesehatan dan mengecoh nafsu makan. Tuangkan tiga liter air dengan 200 gram buah plum atau buah ara dan didihkan hingga air menjadi 2,5 liter. Secangkir kolak dapat membuat perut kenyang setidaknya selama satu jam.
  • Makan susu bubuk. Rasa lapar tak tertahankan? Sesendok kecil susu bubuk kering tanpa lemak dapat menghalau rasa lapar di tengah malam.
  • Kacang hijau dan kentang. Rasa kenyang dapat dipertahankan untuk waktu yang lama dengan asupan secangkir bubur kacang hijau atau dua buah kentang panggang ukuran sedang yang dimakan dengan kulitnya.
  • Air hangat. Mandi air hangat memberikan rasa relaksasi, yang membuat kita mengantuk lebih cepat, dan menekan nafsu makan. Lebih baik lagi jika dimasukkan beberapa tetes minyak esensial dalam air mandi. Minyak atsiri dari jeruk, lemon, dan buah-buahan juga bisa membantu menipu perut yang lapar.
  • Aktivitas fisik menekan nafsu makan. Berjalan atau berolahraga sebelum tidur juga dapat menekan rasa lapar dengan sangat baik.
Menghindari makan malam merupakan salah satu kunci keberhasilan penurunan berat badan. Menurunkan berat badan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, salah satunya memperlancar aliran darah.

sumber: Intisari-Online.com
Kiat Kenyang Di Malam Hari Kiat Kenyang Di Malam Hari Reviewed by Afrianto Budi on Rabu, Mei 09, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.