banner image

Yogyakarta, Kasus HIV Terbanyak Kedua Setelah Bali

Yogyakarta, Kasus HIV Terbanyak Kedua Setelah Bali
Tri Kusumo Bawono yang sehari-hari bertugas sebagai Kepala Puskesmas Gedongtengen, Yogyakarta dalam acara Seminar “Ketahanan Keluarga Kita Cegah Bahaya Narkoba, HIV/AIDS dan Penyakit Menular Seksual Lainnya” di Yogyakarta, Kamis mengatakan, angka penderita HIV/AIDS di DIY menempati peringkat ke sembilan dari 33 provinsi.

Berdasarkan data, jumlah penderita HIV/AIDS di Provinsi DIY selama 12 tahun terakhir tercatat sebanyak 1.508 orang, dan sebanyak 475 di antaranya adalah kaum perempuan. Bahkan, baru-baru ini juga diketahui ada satu bayi yang menderita AIDS.

“Dari total penderita HIV/AIDS di DIY, sebanyak 485 penderita ada di Kota Yogyakarta. Laju penderita HIV/AIDS di DIY pun tertinggi kedua di Indonesia setelah Bali. Kondisi seperti ini harus diantisipasi,” kata Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun.

“Hampir seluruh kecamatan di Kota Yogyakarta juga telah melaporkan adanya kasus HIV/AIDS,” lanjutnya. Di salah satu kecamatan, terlaporkan ada 17 penderita HIV/AIDS. Sebanyak 13 merupakan penderita lama, dan ada empat penderita baru yang diketahui pada 2012.

Di Kota Yogyakarta pada 2011 tercatat sebanyak 343 penderita HIV dan 586 penderita AIDS. abd

Yogyakarta, Kasus HIV Terbanyak Kedua Setelah Bali Yogyakarta, Kasus HIV Terbanyak Kedua Setelah Bali Reviewed by Afrianto Budi on Selasa, Mei 08, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.