banner image

Wasit Inggris Vs Ukraina Minta Maaf


Wasit asal Hungaria, Viktor Kassai. REUTERS/Nigel Roddis


TEMPO.COKiev - Wasit yang memimpin partai Inggris melawan Ukraina, Viktor Kassai, meminta maaf karena tidak mengesahkan gol Ukraina. Jika gol itu disahkan, mungkin Ukraina tak kalah dari Inggris dan punya kesempatan lolos ke babak selanjutnya.


"Saya menonton kembali dan menganalisis kejadian itu," kata Kassai. "Segera setelah itu saya menyadari kami sudah melakukan kesalahan," ujar wasit 36 tahun ini. 



Partai Inggris melawan Ukraina pada 19 Juni adalah partai penutup di Grup D. Sebelum bertanding, Inggris mengoleksi nilai empat, sedangkan Ukraina tiga poin. Di grup itu, Prancis yang bertanding melawan Swedia punya empat poin, sedangkan lawannya nol.



Inggris membuka keunggulan 1-0 lewat Wayne Rooney pada menit ke 48. Gol Ukraina yang menjadi kontroversi terjadi pada menit ke-62. Bola tendangan penyerang Marko Devic sebenarnya sudah melewati garis gawang sebelum berhasil dihalau bek John Terry.



Jika disahkan, maka kedudukan harusnya menjadi 1-1 pada menit ke-62. Dan bisa saja hasil pertandingan berpihak pada Ukraina. Kassai adalah wasit utama pertandingan itu. Rekan lainnya yang menjadi pembantu adalah Gabor Eros, Gyorgy Ring, Istvan Vad, Tamas Bognar, dan Tom Harald Hagen. Semuanya berasal dari Hungaria.



Ketika itu, para pemain Ukraina memprotes Kassai karena tak mengesahkan gol, tapi ia bergeming. Kasus ini bahkan merembet pada meruncingnya perdebatan perlu atau tidaknya petugas tambahan yang mengawasi garis gawang.



"Kami sangat kecewa. Saya harus menanggung (kesalahan) yang terjadi karena kami tahu bahwa banyak orang percaya pada kami," kata Kassai. Ia pernah menjadi wasit partai final Liga Champions 2011 Barcelona melawan Manchester United dan semifinal Piala Dunia 2010 Jerman melawan Spanyol.



Sumber: tempo.co
Wasit Inggris Vs Ukraina Minta Maaf Wasit Inggris Vs Ukraina Minta Maaf Reviewed by Afrianto Budi on Sabtu, Juni 23, 2012 Rating: 5

3 komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.