banner image

“Bulan Terbelah”, Hoax Islami yang Populer di Internet

Oleh: Rinaldi Abrakadabra™


KAJIAN sederhana ini bermula ketika saya membaca sebuah blog yang memaparkan cerita mujijat "bulan terbelah" di link ini. (setelah saya cek kembali, blog tersebut rupanya sudah dihapus oleh pemiliknya, mungkin karena "malu" ketahuan bohongnya). Ada lagi yang masih aktif, silakan klik ini dan juga ini.

Tiga blog tersebut memaparkan kisah mujijat Nabi SAW membelah bulan berdasarkan cerita sebuah Hadith dan tafsir surah Al-Qamar. Sampai di sini tidak ada yang saya persoalkan, karena toh "cerita mujijat" adalah hal yang lumrah di setiap agama. Namun yang jadi masalah, adalah ditampilkannya foto "guratan bulan" (atau secara ilmiah disebut "lunar rille") pada cerita itu yang dimaksudkan sebagai BUKTI VISUAL bahwa bulan memang pernah terbelah. Selain itu, ditampilkan juga kesaksian Daud Musa Pitkhok, seorang pemimpin Hizb Islami di London yang -menurut cerita- masuk Islam karena mengetahui mujijat tersebut. Daud Musa Pitkhok dikisahkan masuk Islam begitu secara tidak sengaja menyaksikan wawancara BBC dengan "tiga pakar ruang angkasa AS" yang hasil penelitiannya mengatakan bahwa bulan pernah terbelah di zaman dahulu kala dan kemudian menyatu kembali. Nama yang muncul berikutnya adalah Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar, yang dalam kisahnya adalah seorang pakar geologi Muslim.

Saya mencoba "berprasangka baik" dengan melakukan penelusuran sederhana terhadap kebenaran berita ini. Saya mulai mencari di google dengan kata kunci Daud Musa Pitkhok dan Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar, hasilnya adalah artikel yang sama dari situs web yang berbeda-beda, yang kebanyakan hanya sebuah blogweb atau lansiran dari mailinglist, bukan situs resmi.

Logika sederhana: jika berita tersebut benar adanya, tentunya itu adalah fenomena besar dalam sejarah ilmu pengetahuan. Tentunya pula akan ada banyak kajian baik dalam kerangka agama Islam, sains/ilmiah, maupun jurnalistik terhadap persoalan "bulan terbelah" tersebut. Terlebih pernah diliput oleh BBC, institusi pers ternama, pastilah kata kunci tersebut menampilkan sumber-sumber, baik ilmiah maupun jurnalistik, yang kaya akan peristiwa ini. Sebagai bandingan, jika anda memasukkan kata kunci "Madonna" di google, pasti anda akan menemukan aneka situs tentang Madonna yang tentu berbeda-beda, tidak serupa seperti nampak sekedar dicopy-paste.

Kemudian, ada satu blogger lagi, namun yang ini nampaknya hanya milik seorang PENGECUT yang setelah saya beri sanggahan, dia menghapus blognya. Lihat link ini. Artikel pada blog tersebut kini KOSONG, membuktikan artikel tersebut sudah dihapus!
******

PADA kenyataannya, dari milyaran web yang ada di dunia, kata kunci Daud Musa Pitkhok, Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar, "moon splitting", bulan terbelah, hanya menghasilkan artikel yang sama dari web yang berbeda-beda. Hal itu mengindikasikan berita tersebut adalah "hoax" yang dicopy-paste secara berantai dan dipublikasikan melalui webblog dan mailinglist. Hal ini diperkuat dengan bukti dari situs resmi NASA sendiri (diterangkan di bawah) bahwa foto "guratan pada bulan" bukanlah akibat bulan pernah terbelah. Dan NASA sama sekali tidak pernah mengklaim ada hasil penelitian yang mengatakan bahwa bulan pernah terbelah, apalagi bahwa yang disebut "lunar rille" adalah akibat bulan pernah terbelah. Kasus ini sudah pernah diklarifikasi dalam buletin LAPAN. Dan pak T. Djamaludin, peneliti Astronomi LAPAN juga telah mengklarifikasinya di sini.

Ini bukan soal gugatan terhadap iman Islam yang meyakini mujijat bahwa Nabi Muhammad pernah membelah bulan (menurut Hadith), atau makna dari Surah Al-Qamar. Namun persoalannya adalah:

Bahwa ada yang menggunakan foto guratan pada bulan dari NASA lepas dari konteks aslinya, sebagai upaya pembenaran dari mujijat tersebut. Dalam situs resminya, NASA tidak pernah mengatakan bahwa bulan pernah terbelah, atau "guratan" tersebut adalah akibat bulan pernah terbelah.

Foto yang ditampilkan dalam hoax itu konteks sebenarnya berasal dari sini. Perlu diperhatikan: link resmi NASA tersebut tidak sedikitpun mengatakan bahwa guratan pada bulan adalah akibat bulan pernah terbelah.

Guratan tersebut dinamakan lunar rille, penjelasannya di sini.

Di situs itu disebut "rille appear all over the Moon." Jadi rille ada disekujur tubuh bulan, bukan SATU seperti seolah bulan pernah terbelah dua.

Apakah rille itu? Penjelasannya ada di sini:

http://en.wikipedia.org/wiki/Rille

By the way, Apa sih itu HOAX?

"A hoax is a deliberate attempt to dupe, deceive or trick an audience into believing, or accepting, that something is real, when in fact it is not; or that something is true, when in fact it is false. In an instance of a hoax, an object, or event, is not what it appears to be, or what it is claimed to be.."

http://en.wikipedia.org/wiki/Hoax

Demikian klarifikasi ini dibuat, terima kasih atas perhatiannya. []

Sumber: Kompasiana.com
Sent from BudiaanBerry® on 3

“Bulan Terbelah”, Hoax Islami yang Populer di Internet “Bulan Terbelah”, Hoax Islami yang Populer di Internet Reviewed by Afrianto Budi on Senin, Agustus 20, 2012 Rating: 5

3 komentar:

  1. Jangan Menjustice Agama orang lain dengan seenaknya...Anda hanya melihat dari satu sisi. Tetapi yg lebih baik apabila anda mengurusi agama anda sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya repost, salahkah? Lagipula ini rumah pribadi.

      Hapus
  2. sudah ga aneh lagi ada yang ga percaya.
    ketika jaman Nabi Muhammad SAW juga ada yang membantah dan itu hanya sihir padahal itu adalah bukti kebenaran mukzizat Nabi Muhammad SAW yang diberikan Alloh SWT.
    apa anda percaya juga mukzizat Nabi isya menghidupkan orang mati/Nabi Musa membelah lautan..
    kalau dulu orang yang membantah menyebut SIHIR mungkin kalau jaman sekarang harus pakai akal logika aja/ilmu NASA dsb or sama aja ( LOL )

    BalasHapus

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.