banner image

5 Cara Mengatur Keuangan Selama Corona


Virus corona ngga cuma terbukti merusak kesehatan manusia.  Corona  juga berpengaruh pada kesejahteraan finansial kamu.

Data Kemenaker mencatat jumlah pekerja formal yang terkena PHK sebanyak 212.394, sedangkan yang dirumahkan dengan status digaji sebagian ataupun tidak digaji sama sekali telah mencapai 1.205.191 pekerja.

Kamu harus berputar otak untuk mengatur agar keuangan bisa tetap stabil. Berikut ini adalah beberapa cara yang harus kamu lakukan

Tingkatkan dana darurat 
Salah satu hal yang lebih menakutkan tentang Covid-19 adalah ketidakpastian ekonomi yang muncul setelahnya.  Untuk melindungi diri dan keluarga kamu dari guncangan jangka pendek, dana darurat adalah alat terbaik.

Periksa pengeluaranmu yang bisa dipotong, yang kemudian dapat digunakan untuk dana darurat.  Jika kamu punya paket dana abadi dengan opsi uang kembali, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Tujuan ini dilakukan untuk menghemat 3 hingga 6 bulan pengeluaran dan likuidasi. Ini berarti dapat disimpan dalam rekening bank yang bisa kamu tarik kapan aja. Oh iya, dana darurat ini sebaiknya terpisah dari rekening bank biasa ya.

Pengeluaran prioritas
Memprioritaskan pengeluaran sangat penting. Tapi, ada perbedaan yang sangat besar antara keinginan dan kebutuhan. Misalnya, perumahan, makanan, utang, transportasi dan asuransi dapat menjadi hal sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar. Tentukan apa yang paling penting, lalu putuskan hal yang perlu dihilangkan, kurangi atau temukan solusi kreatif untuk pengeluaran opsional lainnya.

Jangan panik
Berpikirlah secara logis terkait masalah keuangan. Dengan adanya aturan jaga jarak sosial bisa sangat mendorong untuk melakukan aksi memborong belanjaan atau panic buying.

Banyak produk sudah dipesan dan diproduksi hingga enam bulan sebelumnya, yang berarti Anda memiliki stok yang sudah pasti akan ada gantinya di kemudian hari.

Jika membutuhkan sesuatu atau ingin memiliki sesuatu di rumah untuk berjaga-jaga, tidak apa-apa. Hal-hal seperti obat-obatan, stok makanan bisa disimpan selama satu atau dua minggu di rumah, tetapi ketahuilah bahwa barang-barang yang kamu butuhkan masih tersedia di toko.

Perluas kemampuan diri kamu
Dengan bisnis gonjang-ganjing dan pekerjaan dalam bahaya, membuktikan nilai kamu sebagai karyawan lebih penting daripada sebelumnya.

Sekarang adalah waktu untuk menggunakan kemampuan  kamu dan mempelajari keterampilan baru. Atau, kamu juga dapat memanfaatkan kesempatan untuk mengambil keterampilan yang selalu kamu minati nantinya. Dengan begitu, kamu dapat memulai sampingan dengan menggunakan keterampilan baru, yang bahkan dapat berkembang menjadi karier baru. Menarik khan?

Jangan buang uang untuk produk yang  tidak perlu
 Akhirnya, ingatlah untuk tidak menyia-nyiakan uang yang kamu hasilkan dengan susah payah untuk produk-produk dengan efektivitas yang dipertanyakan, atau bahkan benar-benar tidak perlu.

Ya, kita berbicara tentang hal-hal seperti masker wajah (hanya diperlukan kalau kamu sakit, dan hanya efektif ketika dipakai sebagai bagian dari rangkaian lengkap peralatan perlindungan pribadi);  dan sanitiser tangan dalam jumlah yang berlebihan.
5 Cara Mengatur Keuangan Selama Corona 5 Cara Mengatur Keuangan Selama Corona Reviewed by Afrianto Budi on Rabu, April 29, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.