banner image

Indonesia tidak (Pernah) Kreatif dalam Membuat TEMA

coretankemarin.blogspot.com
coretankemarin.blogspot.com

Menurut saya, Indonesia tidak pernah kreatif dalam membuat tema. Selalu saja, tema hari besar negara diawali dengan kata-kata "Dengan semangat... (hari yang dirayakan), kita...."  Mari kita buktikan:
Tema HUT Kemerdekaan RI:


  • HUT 60, 2005: Dengan Semangat Proklamasi 1945, Kita Perkokoh Persatuan Dan Kebersamaan, Menuju Indonesia yang Aman, Adil, Demokratis, dan Sejahtera.

  • HUT 61, 2006: Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Rasa Kebangsaan dan Kebersamaan untuk Membangun Indonesia yang Bersatu, Aman, Adil, Demokratis, dan Sejahtera.

  • HUT 62, 2007: Dengan Semangat Persatuan dan Etos Kerja, Kita Percepat Pertumbuhan Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan untuk Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Bagi Rakyat Indonesia.

  • HUT 63, 2008: Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Lanjutkan Pembangunan Ekonomi Menuju Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, serta Kita Perkuat Ketahanan Nasional Menghadapi Tantangan Global.

  • HUT 64, 2009: Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kedewasaan Kehidupan Berpolitik dan Berdemokrasi serta Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia yang Bersatu, Aman, Adil, Demokratis, dan Sejahtera.

  • HUT 65, 2010: Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945. Kita Sukseskan Reformasi Gelombang Kedua, untuk Terwujudnya Kehidupan Berbangsa yang Makin Sejahtera, Makin Demokratis, dan Makin Berkeadilan.

  • HUT 66, 2011: Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinneka-an untuk Kokohkan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN.

Tema harkitnas 2011Melalui Peringatan Harkitnas Ke•L03 Tahun 2011, Kita Tingkatkan Semangat Kebangsaan Dalam Keanekaragaman Latar Belakang Dan Budaya Bangsa
Tema harkitnas 2012: Dengan Semangat 104 Tahun Hari Kebangkitan Nasional, Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Hut Korps Wanita TNI AL 2012: Dengan Semangat Hut Kowal Ke – 49, Kita Wujudkan Tni Angkatan Laut Yang Ahndal Dan Disegani
Sejak kemerdekaan hingga tahun 2012, selalu saja tema hari besar negara diawali dengan kata-kata "Dengan semangat... (hari yang dirayakan), kita...." Tidak hanya cuplikan tema yang saya sajikan di atas, tema yang dibuat oleh RT atau RW atau bahkan ulang tahun Karang Taruna pun memakai susukan kalimat semacam itu.
Saya rasa, bangsa Indonesia tidak kreatif dalam membuat tema. Diawali dengan kata "keterangan cara" lalu dilanjutkan dengan jabaran tema yang panjang, tema menjadi tidak mengesan. Saya berani yakin bahwa tidak ada seorangpun yang hapal secara otomatis setelah membaca tema itu. Bahkan, memahami maknanyapun tidak.
Tema itu bukan sekedar pelengkap. Tema justru menjadi ruh atas peristiwa yang hendak dirayakan. Dengan demikian, tema harus dibuat dengan suatu discernment (discretio spirituum), refleksi, atau permenungan yang mendalam. Dan hal yang juga sangat penting, tema tidak harus diawali dengan kata-kata "Dengan semangat... (hari yang dirayakan), kita...."
Guru / dosen bahasa Indonesiapun setuju kalau tema yang baik adalah tema yang singkat dan mudah diingat!
Indonesia tidak (Pernah) Kreatif dalam Membuat TEMA Indonesia tidak (Pernah) Kreatif dalam Membuat TEMA Reviewed by Afrianto Budi on Minggu, Mei 20, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.