banner image

Domain “Dot Anything” Untuk 2013



steps-to-make-your-own-website.com
steps-to-make-your-own-website.com

Sebagai salah satu strategi pemasaran lewat internet, domain yang unik mulai dilirik. Perusahaan atau organisasi internet ini seakan sedang bersiap meninggalkan domain .com, .net, dan akhiran domain lama lain. The Internet Corporation for Assigned Named and Numbers (ICANN), sebagai badan regulator Internet dunia,  meluncurkan penawaran generic Top Level Domain (gTLD) atau nama domain top level, yang lebih personal dengan nama apapun. Nama domain baru ini diyakini akan lebih sederhana dan mudah diingat.
Dengan menggunakan layanan gTLD, pemilik situs internet nantinya tidak lagi perlu menggunakan akhiran .com, .net, .org dan sebagainya. Tidak hanya lebih menarik dan unik, penggunaan domain dari gTLD dinilai lebih aman. ICANN membuka pendaftaran untuk nama-nama domain gTLD baru pada 12 Januari 2012. Setelah disetujui, nama-nama domain baru ini rencananya akan mulai aktif pada kuartal pertama 2013.
Sebagai perusahaan berbasis internet terbesar di dunia, Google mengajukan 101 domain gTLD. Beberapa di antaranya adalah .google, .goo, .youtube, .docs. Untuk bebebrapa domain, google siap bersaing dengan Amazon, terutama dalam memperebutkan 20 nama domain, antara lain .app, .game, .play, .movie, dan .music, .baby, .blog, dan .book. Jika disetujui, nantinya nama tiap domain akan dikenakan biaya pembaruan/tahunan sebesar 25.000 dollar AS oleh ICANN.
Apakah Indonesia tertarik dengan tawaran ICANN? Salah satu perusahaan yang mendaftarkan diri adalah operator seluler Axis. Operator seluler dibawah naungan PT Axis Telekom Indonesia ini sukses mendaftarkan nama domain .axis (dot axis). Hingga berita ini ditelurkan, saya belum mendengar ada perusahaan lain di Indonesia yang melakukan hal yang serupa.
Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan bahwa  Indonesia akan tetap mempertahankan akhiran domain .co.id. Meski tetap mendorong pemakaian domain berakhiran .co.id, pemerintah akan tetap menyesuaikan aturan sesuai standar internasional, yaitu standar yang dikeluarkan Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).
Berita ditawarkannya ribuan domain baru oleh ICANN menjadi pertanda dimulainya generasi baru bisnis internet di dunia pada tahun 2013 mendatang. Mari kita nantikan gebrakan-gebrakan dunia internet di tahun-tahun mendatang.
Domain “Dot Anything” Untuk 2013 Domain “Dot Anything” Untuk 2013 Reviewed by Afrianto Budi on Rabu, Juni 20, 2012 Rating: 5

3 komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.