banner image

Ormas Berani Lawan Pancasila? Pindah Lapak Saja!


www.voa-islam.com
www.voa-islam.com

Saya senang dengan kompas.com yang hari ini menuliskan pandangan NU terhadap ormas yang terang-terangan menentang Pancasila sebagai ideologi negara. Dikatakan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siroj, “Nahdlatul Ulama sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia merasa prihatin dengan semakin maraknya organisasi massa yang terang-terangan menentang Pancasila sebagai ideologi negara. Nahdlatul Ulama pun menyatakan dengan tegas bahwa setiap organisasi yang melawan Pancasila harus dianggap subversif.
Membaca tulisan itu, saya tergelitik untuk searching di google dan menemukan RUU tentang Organisasi Masyarakat. Dalam Bab XVII jelas-jelas dituliskan larangan-larangan ormas. Beberapa di antaranya adalah:
  1. melakukan kegiatan yang bertentangan dengan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan peraturan perundang-undangan;

  2. melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan dan keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

  3. menyebarkan permusuhan antar suku, agama, ras, dan antar golongan;

  4. memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa;

  5. melakukan kekerasan, mengganggu ketertiban, dan merusak fasilitas umum.

  6. menganut dan mengembangkan serta menyebarkan ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila.

  7. dst dst
Saya sendiri tidak tahu apakah Ormas seperti Front Pembela Islam (FPI), Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menjadikan Pancasila sebagai landasannya. Saya juga tidak tahu apakah ormas jenis-jenis ini yang disebut-sebut oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siroj sebagai ormas subversif itu. Yang jelas, negara dan perangkatnya tidak boleh membiarkan organisasi atau pihak-pihak yang terang-terangan menentang Pancasila sebagai ideologi negara hidup dan berkembang biak di Indonesia.
Sebagai anak bangsa, saya tidak rela Pancasila dikhianati oleh bangsanya sendiri. Semoga Roh Pancasila menjiwai dan menguatkan para pemimpin bangsa agar segera meninggalkan zona amannya dan bergegas menutup pintu bagi ormas-ormas yang tidak berjiwa Pancasila.
So, ormas berani lawan pancasila? Indonesia bukan tempatnya. Pindah lapak saja.
Ormas Berani Lawan Pancasila? Pindah Lapak Saja! Ormas Berani Lawan Pancasila? Pindah Lapak Saja! Reviewed by Afrianto Budi on Minggu, Juni 03, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.