banner image

Menepati Janji Itu Tak Mudah




Dalam sebuah pertemanan kita kadang saling berjanji. Entah itu berjanji untuk selalu bersama atau janji untuk bertemu atau janji untuk tidak menceritakan sebuah rahasia yang kita ceritakan pada teman. Tapi memang tidak mudah memenuhi janji yang telah kita ucapkan.

Mungkin sebuah cerita fabel dari Yunani berikut ini menginspirasikan maksud tadi.
Pada suatu hari dua orang sahabat sepakat untuk mengadakan perjalanan jauh bersama-sama. Mereka sahabat karib yang telah mengenal satu sama lain bertahun-tahun. Yang satu berjanji kepada yang lain, “Aku akan mendampingimu dalam kesulitan dan kegembiraan. Apa pun  yang terjadi aku tetap bersamamu lebih-lebih dalam kesulitan di perjalanan.”

Teman yang kedua, yang sedikit lemah dan penakut sangat senang mendengar janji itu. Mereka kemudian bepergian bersama-sama. Dalam perjalanan itu mereka harus melewati sebuah hutan lebat. Karena janji itu, teman yang lemah tidak takut. Akan tetapi, sesudah setengah perjalanan tiba-tiba muncul dari kejauhan seekor beruang besar. Segera teman yang kuat itu memanjat sebatang pohon untuk menyelamatkan diri, meninggalkan temannya pada nasibnya.

Teman yang lemah tidak dapat mengikuti apa yang dilakukan oleh teman yang kuat. Di saat panik itu tiba-tiba muncul gagasannya. Dia segera berbaring di tanah pura-pura mati. Dia menutup matanya rapat-rapat dan tidak berani bernapas. Teman yang di atas pohon mengamati beruang mendekati sahabatnya. Beruang melangkah ke tempat orang itu berbaring, berjalan mengelilinginya, berhenti sesaat dekat telinganya, dan dengan tenang pergi menghilang. Dengan rasa lega teman yang berada di pohon turun, sementara yang satunya duduk.

“Aku mengamati beruang itu tampaknya membisikkan sesuatu kepadamu,” kata teman yang lebih kuat. “Ya beruang itu berbisik begitu bodohnya aku mempercayai engkau,” jawab orang itu dengan sikap dingin.

Ujian terhadap suatu janji terletak dalam pemenuhan janji itu.

sumber
Menepati Janji Itu Tak Mudah Menepati Janji Itu Tak Mudah Reviewed by Afrianto Budi on Selasa, Mei 15, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Terimakasih Anda sudah mengunjungi blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.